Ulasan Samsung Galaxy Fold

Ulasan Samsung Galaxy Fold

Fitur Utama

  • Harga Ulasan: £ 1900
  • Layar lipat 7,3 inci
  • Layar eksternal FHD + 4,6 inci
  • Snapdragon 855
  • RAM 12 GB
  • Baterai 4380 mAh
  • Memori 512 GB
  • 12MP + 12MP + 16MP kamera belakang
  • Kamera depan 10MP + 8MP

Samsung Galaxy Fold mengalami tahun yang sulit. Masalah dengan layar lipat menutupi peluncuran, dan hanya enam bulan setelah pembukaannya yang brilian, bersama dengan  Galaxy S10 , Anda benar-benar bisa pergi ke toko, menyisihkan hampir £ 2.000 dan membeli telepon lipat pertama yang tersedia secara komersial.

Sejak saya pertama kali memegang Lipat beberapa bulan yang lalu, saya berusaha keras untuk menggunakannya dengan benar. Untuk melihat apakah tampilan luar yang mungil ini sia-sia; untuk melihat apakah tekukan eksplisit di tengah akan mendorong menjauh, dan hanya mengerti jika hype di sekitar perangkat ini sepadan.

Setelah seminggu ketika saya merasa sangat tidak aman, mengerahkan £ 2.000 set pada pipa bawah tanah London yang rusak dan merasa sama-sama terkesan dan frustrasi, saya mengerti mengapa lipatan lipat pada akhirnya akan menjadi masa depan.

Namun, Samsung Galaxy Fold tentu saja merupakan produk generasi pertama yang hanya menginspirasi saya untuk datang berikutnya.

Mungkin Anda juga harus menolak untuk membeli Fold, karena kami mengharapkan   rilis Samsung Galaxy S20 untuk membawa serta model lipat baru.

Layar dan desain adalah pencapaian yang mengesankan, bahkan dengan tantangan

Galaxy Fold menemui banyak masalah pada peluncuran pertama. Peninjau Amerika pertama berjuang untuk mendapatkan puing-puing di bawah panel, dan beberapa bahkan mengelupas lapisan luar panel lipat, keliru percaya bahwa itu adalah film pelindung untuk layar. Bukan awal yang bagus.

Maju cepat selama enam bulan, dan Lipatan yang saya gunakan sebenarnya berbeda dari perangkat asli ini. Tidak cukup bagi Samsung untuk menyebutnya Galaxy Fold 2, tetapi cukup terasa sedikit berbeda saat digunakan. Layar sekarang berfungsi tepat di bawah panel depan (Anda bahkan tidak mencoba untuk menghapusnya), dan ada penutup yang lebih tebal di bagian atas dan bawah untuk menghindari bahan di bawah panel.

Perbaikan ini, setidaknya bagi saya, tampaknya berhasil, dan saat bekerja dengan Fold, ini tidak berhasil. Yang tentu saja merupakan kabar baik.

Lihatlah masalah-masalah awal ini, dan sulit untuk tidak merasakan kegembiraan saat Anda membuka bungkusnya. Ponsel ini terdiri dari dua layar: layar eksternal 4,6 inci (1680 x 720) dan layar internal yang terlipat menjadi layar berukuran hampir 7,3 inci (2152 x 1536). Layar eksternal ini langsung terlihat aneh, karena di sekitarnya ada bingkai yang sangat besar. Mengapa tampilan ini tidak bekerja ujung ke ujung sepertinya cacat desain yang jelas, yang kami harap akan dibahas nanti.

Karena ukurannya yang kecil, saya terutama menggunakan layar 4,6 inci ini untuk menjawab panggilan, memeriksa notifikasi yang masuk dan waktu. Selain itu, dia terlalu kecil. Mencoba mengetik email pada keyboard yang elegan adalah tugas yang tidak menyenangkan, dan meskipun Anda memiliki akses penuh ke Android dan semua aplikasi Anda, Anda tidak akan ingin bermain atau menonton Netflix di dalamnya. Sejujurnya, saya pikir Samsung mengetahui hal ini, tetapi sebenarnya tampilan eksternal ini seharusnya tidak hanya menjadi bar notifikasi terkenal. 

Saat Anda membuka Lipatan, kesenangannya benar-benar dimulai. Ini mengubah ponsel yang tampak aneh (seseorang di kantor mengatakan itu menyerupai telepon darat) menjadi tablet yang hampir mini yang bisa Anda masukkan ke dalam saku. Karena beberapa kontinuitas perangkat lunak yang masuk akal, jika Anda memiliki pesan WhatsApp terbuka di layar eksternal dan memperluas Fold, itu akan segera muncul di layar lebar. Untuk aplikasi yang mendukungnya, ini hebat, dan bahkan bagi mereka yang tidak membutuhkannya, Anda hanya perlu me-restart aplikasi, dan ini membutuhkan beberapa detik ekstra.

Sifat persegi dari layar internal tidak langsung cocok untuk video – Anda akan memiliki bar hitam besar di bagian atas dan bawah – tetapi saya masih sangat suka menonton YouTube, Netflix, dan  Video Utama  dalam hal ini. Balikkan di kereta dan Anda akan mendapatkan pil kecil yang tidak mengharuskan Anda untuk menggali tas Anda untuk mendapatkannya. Kualitas layarnya bagus: OLED (kedua panel menggunakan teknologi Samsung Super AMOLED), sehingga Anda mendapatkan tinta dan warna-warna cerah, mendukung HDR10 + dan menjadi sangat cerah.

Meskipun layarnya tidak sempurna, dan saya pikir batasannya lebih jelas karena seberapa bagusnya. Gangguan terbesar adalah bahwa layar ditutupi dengan plastik, bukan kaca biasa. Hal ini jelas diperlukan agar seluruh item lipat berfungsi, tetapi itu membuat panel terlalu reflektif, memiliki penampilan yang hampir suram, noda dan sangat cepat menutupi sidik jari. Saya merasa seperti menghapus layar ini setiap kali saya ingin menggunakannya. Plastik juga kurang tahan lama dibandingkan kaca, sehingga tekanan kuat dengan ujung ibu jari Anda dapat merusaknya. Anda harus berhati-hati dengan tampilan ini.

Masalah lainnya adalah lipatan. Yang, sekali lagi, sepertinya akan menjadi masalah lipat selama beberapa tahun ke depan. Anda dapat dengan jelas melihat garis di tengah layar, di mana ia terlipat, dan ini mengganggu, terutama ketika Anda melihatnya pada sudut atau di bawah sinar matahari yang cerah. Itu ada di sana, itu menjengkelkan, dan sulit diatasi. Di sisi kanan ada reses di mana dua kamera depan berada – lagi-lagi, mengganggu.

Bahkan dengan semua masalah ini, ide Lipatan sangat fantastis. Gagasan hebat tentang Google Maps sangat fantastis, dan bekerja dengan baik (diakui sangat mahal) untuk membaca e-book. Saya dijual untuk lipatan selanjutnya setelah beberapa hari menggunakan Lipatan.

Jauh dari layar, lipatan tetap merupakan campuran antara yang besar dan yang menjengkelkan. Misalnya, sama sekali tidak ada indikator ketahanan air, dan saya merasa dia terus-menerus melahirkan telepon ketika gerimis kecil muncul. Untuk ponsel pada 2019 itu terasa mundur. Ini juga berat (263 g) dan sangat tebal. Pada dasarnya ini terlihat seperti dua ponsel yang saling bertumpuk, dan ini membuatnya sulit untuk dimasukkan ke dalam saku Anda.

Ada juga banyak hal baik. Sensor sidik jari lateral cepat (walaupun saya ingin bekerja seperti tombol Home), dan mekanisme yang diartikulasikan terlihat seperti sebuah karya seni. Ini benar-benar diperbaiki di tempat ketika telepon ditutup, dan ketika Anda membuka dan mengklik di tempat, ketukan yang memuaskan terdengar.

Perangkat lunak – penyesuaian untuk faktor bentuk unik sebagian besar berhasil

Lipat sebagai kategori benar-benar baru, jadi kami tidak berharap untuk melihat pengalaman terakhir dengan perangkat lunak. Perangkat lunak One UI khusus yang digunakan di sini, dibuat berdasarkan Android 9, menyerupai antarmuka tablet dan ponsel Android, dengan beberapa aplikasi menampilkan lebih banyak daripada yang biasanya Anda lihat di layar ponsel biasa.

Tentu saja, memiliki kanvas yang lebih besar untuk permainan berarti ada lebih banyak ruang untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus. Dengan Lipat, Anda dapat memiliki tiga: aplikasi utama dan dua aplikasi yang hampir tidak penting. Mereka dapat diubah dan berinteraksi dengan mereka secara bersamaan. Ada juga “dock” nyaman yang memanjang dari samping untuk menunjukkan aplikasi lain yang dapat Anda kunjungi.

Buka aplikasi pada layar eksternal, dan ketika Anda membuka telepon, aplikasi ini (jika didukung dengan benar) akan langsung beralih ke layar yang lebih besar. Ini juga berfungsi dalam urutan terbalik, meskipun secara default dinonaktifkan, tetapi dapat diubah untuk setiap aplikasi. 

Semua pengaya ini bagus, tetapi masalah terbesar adalah karena sesuatu yang sepenuhnya independen dari Samsung: kompatibilitas aplikasi. Buka instagram pada layar lipat dan semuanya terasa buruk. Tidak ada yang berkembang dengan baik, beberapa elemen terlalu kecil, dan satu pos menempati seluruh layar. Hal yang sama berlaku untuk aplikasi lain yang sering saya gunakan, seperti The Athletic dan Monzo. Yang lain lebih baik, dengan BBC Sport, aplikasi video seperti Netflix dan Google Maps semua ditampilkan dengan baik.

Anehnya, saya mungkin memiliki masalah paling banyak dengan banyak aplikasi Google, dan tampaknya mereka sering melihat tablet secara default, tetapi kemudian mereka dipaksa untuk mendorong semuanya ke layar Lipat. Baik YouTube dan Gmail menderita dari ini, dan yang terakhir kadang-kadang ditampilkan secara normal, dan kadang-kadang tidak.

Kinerja dan 5G – memuat RAM dan memori

Berbeda dengan versi Eropa  dari seri S10 dan  Note 10 , Galaxy Fold hanya memiliki satu opsi chipset: Snapdragon 855. Tidak ada versi Exynos Fold, dan bagi kami yang tinggal di luar Amerika Serikat ini adalah berita baik – saya selalu merasa chipset Samsung sendiri berjuang dengan waktu masa pakai baterai dibandingkan dengan Qualcomm.

Ada juga 12 GB RAM – ini cukup dan lebih dari cukup untuk membuat banyak aplikasi tetap terbuka dan menggunakan aplikasi bersebelahan – dan kapasitas penyimpanan yang mengesankan sebesar 512 GB. Tidak ada slot kartu memori, tetapi diberi ruang internal yang cukup, Anda masih tidak akan membutuhkannya. Ini adalah ponsel terlipat menurut spesifikasi, dan ini tidak mengejutkan untuk harganya.

Anda juga akan menemukan bahwa model 5G hanya tersedia di Inggris (versi 4G LTE reguler dijual di tempat lain dan pada awalnya ditujukan untuk Inggris), yang, sekali lagi, masuk akal untuk telepon yang diiklankan sebagai bagian dari masa depan,

Lipat, tentu saja, telepon cepat. Di Geekbench 5, ia menunjukkan hasil yang mengesankan, melampaui  OnePlus 7T Pro  baik dalam pengujian single-core dan multi-core. Namun, dari seri S10 855-seri tidak ada lompatan tertentu, yang diharapkan, karena tidak ada chip baru. Permainan bermain tanpa masalah, dan jika mereka mungkin dioptimalkan untuk tampilan seperti Asphalt 9, sangat menarik untuk bermain di layar lebar.

Speakernya juga bagus: keras dan keras. Namun, lokasi di samping berarti bahwa mereka dapat dengan mudah mengunci dengan tangan Anda ketika ponsel digunakan.

Meskipun ponsel tidak memiliki jack headphone, Samsung telah memasukkan sepasang Galaxy Buds yang benar-benar nirkabel. Ini adalah sentuhan yang bagus dan mereka adalah set headphone yang layak jika Anda tidak khawatir tentang keterampilan ANC. Kuncup ini juga dapat diisi ulang di Fold berkat fitur nirkabel Powershare yang ramping.

Kamera – enam sensor, tetapi tidak kelas satu

Sepanjang Samsung Galaxy Fold, Anda akan menemukan kamera. Sensor 10 megapiksel terletak di bagian depan (atau di sampul, seperti Samsung menyebutnya), ada dua di dalam (10MP f / 2.2 26 mm dan 8MP f / 1.9 24 mm) dan tiga lagi di belakang. 

Kamera belakang ini meniru yang dipasang pada Galaxy S10, dan meskipun mereka umumnya mengambil gambar yang sangat bagus, mereka nyaman di bawah standar yang ditetapkan oleh  Pixel 4 , iPhone 11 dan Huawei Mate 30 Pro. Saya bahkan akan mengatakan bahwa Pixel 3a untuk £ 399 lebih baik, bahkan jika tidak memiliki fleksibilitas dari array Fold.

Tiga kamera belakang termasuk sensor utama 12 megapiksel dengan aperture yang akan bergeser antara f / 1.5 dan f / 2.4, sensor 12 megapiksel untuk zoom 2x dan kamera ultra lebar 16 megapiksel. Ini adalah susunan universal yang mengambil gambar andal dalam berbagai situasi dengan warna yang indah, biasanya jenuh. Walaupun detail dalam beberapa kasus terlihat agak terlalu tajam, Samsung sendiri terlihat seperti ini, dan saya tahu banyak orang menyukainya – dan ini mengarah ke foto Instagram yang sangat bagus.

Masalah utama dengan Samsung Galaxy Fold, terutama dibandingkan dengan Pixel 4 dan iPhone 11, adalah rentang dinamis. Titik paling terang dan paling gelap sering berawan dan tidak sejelas yang kita inginkan. Itu lebih baik dengan kamera ultra-wide-angle, yang selalu memberikan bidikan lebih tajam daripada iPhone 11. Tentu saja, Pixel 4 tidak memiliki kamera ultra-lebar sama sekali.

Anda dapat mengambil gambar dengan panel terbuka dan tertutup. Namun, saya tidak terlalu suka salah satu opsi. Memotret dengan kamera tertutup adalah metode yang saya sukai karena sepertinya Anda tidak mengambil gambar di tablet, tetapi mungkin sulit untuk mendapatkan ide yang tepat tentang apa yang Anda potret.

Di mana alam yang berkembang membantu – itu Selfie. Dua sensor internal bergabung untuk menghasilkan bidikan diri Anda yang benar-benar bagus, dan layarnya cukup besar untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana hasil akhir akan terlihat.

Merekam video sangat mengesankan berkat perekaman yang stabil dan pilihan beragam pilihan pemotretan.

Battery Life – Jangan khawatir

Awalnya, saya sangat skeptis tentang masa pakai baterai, meskipun sel 4380 mAh terdengar cukup mengesankan. Ada dua layar, yang salah satunya lebih besar dari ponsel lain yang ada di pasaran.

Untungnya, selama periode peninjauan dua minggu, saya selalu terkesan dengan stamina ponsel. Netflix streaming jam pada layar besar hanya menghabiskan baterai sebesar 9%, dan saya biasanya mengakhiri hari dengan sisa 20-30%. Ini akan membantu saya melewati bagian yang layak pada hari berikutnya sebelum saya perlu memasangnya. Dalam hal metode dasar menyalakan layar, ia menggunakannya lebih dari enam jam beberapa kali.

Daya tahan baterai yang kuat mungkin sebagian disebabkan oleh penggunaan Flip yang sedikit berbeda dengan flagships lainnya. Dengan tampilan eksternal yang menampilkan pemberitahuan – dan dengan lebih sedikit jus – Anda tidak selalu memperluas tampilan.

Pengisian daya nirkabel dipertahankan, seperti fitur Wireless Powershare, yang memungkinkan Anda menempatkan perangkat berkemampuan Qi lainnya di panel belakang dan melipatnya. Ini sangat mudah, misalnya, untuk mengisi ulang AirPods atau Galaxy Watch Active.

Kotak ini memiliki pengisi daya cepat 15 W yang lentur 0: 100% dalam 1 jam 50 menit. Saya berhasil mendapatkan 0-40% dalam 40 menit. Ini bukan kecepatan tercepat di pasar, dan ini adalah salah satu area di mana Fold sudah terasa agak ketinggalan jaman. Saya berharap Fold 2 datang dengan pengisian daya yang jauh lebih cepat.

Haruskah saya membeli Samsung Galaxy Fold?

Terlepas dari kenyataan bahwa Galaxy Fold adalah melihat apa yang mungkin terjadi pada gelombang smartphone berikutnya, pada tahap ini sulit untuk merekomendasikan siapa pun selain mereka yang hanya memiliki generasi pertama dari segalanya untuk benar-benar menghabiskan hampir £ 2000 untuknya.

Ini mengesankan di banyak bidang: daya tahan baterai yang lama, perangkat lunak yang bagus dan produktif yang benar-benar menggunakan layar yang lebih besar, dan ada situasi tertentu ketika tablet bekerja dalam faktor bentuk yang lebih kecil. 

Tapi secara keseluruhan sepertinya butuh banyak pekerjaan. Ini terlalu halus, memiliki terlalu banyak masalah dengan tampilan internal plastik, dan tidak memiliki kamera terbaik di kelasnya.

Saya benar-benar menikmati menggunakan Galaxy Fold, dan Samsung merilis sesuatu yang benar-benar baru dan menarik, seperti yang terjadi pada saat sebagian besar ponsel merasakan hal yang sama, layak mendapatkan banyak pujian. Ini jelas merupakan produk yang sangat inovatif yang menunjukkan bahwa Samsung akan berada di garis depan inovasi seluler ketika kita memasuki dekade berikutnya.

keputusan pengadilan

Terlepas dari kenyataan bahwa Galaxy Fold adalah melihat apa yang mungkin terjadi pada gelombang smartphone berikutnya, pada tahap ini sulit untuk merekomendasikan siapa pun selain mereka yang hanya memiliki generasi pertama dari segalanya untuk benar-benar menghabiskan hampir £ 2.000 untuknya. Ini mengesankan di banyak bidang: daya tahan baterai yang lama, perangkat lunak yang bagus dan produktif yang benar-benar menggunakan layar yang lebih besar, dan ada situasi tertentu ketika tablet bekerja dalam faktor bentuk yang lebih kecil. Galaxy Fold adalah tablet yang lebih lipat daripada ponsel lipat, di beberapa daerah itu menonjol, dan di tempat lain itu mengecewakan. 

Pro

  • Faktor bentuk yang benar-benar inovatif
  • Daya tahan baterai bagus
  • Galaxy Ginjal dalam Kotak
  • Kamera memuat

Cons

  • Itu terlalu halus
  • Tampilan eksternal sepertinya terlalu terbatas
  • Ini lebih baik daripada tablet daripada telepon
  • Kamera tidak terkemuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *