Tinjauan tentang Oppo A9 2020

Tinjauan tentang Oppo A9 2020

Fitur Utama

  • Harga Ulasan: £ 219
  • Snapdragon 655 CPU
  • RAM 4 GB
  • Memori 128 GB
  • 48/8/2/2 MP kamera belakang
  • Kamera depan 16 megapiksel
  • Pemindai sidik jari belakang
  • LCD 6.5 inci 1600 x 720 piksel

Oppo A9 2020 menonjol di antara ponsel-ponsel berharga sekitar £ 200 ketika Anda benar-benar hidup dengannya, lebih dari sekadar di atas kertas. Untuk menerima kekuatannya, Anda harus bertahan dengan satu cacat kunci.

Ini memiliki layar 720p, dan saya biasanya berharap melihat tampilan 1080p untuk harganya. Namun, efeknya kurang jelas dari yang saya harapkan, dan diimbangi dengan ukuran layar. Saya lebih suka menonton video YouTube 15 menit di Oppo A9 2020 daripada telepon dengan layar 5,5 inci yang lebih canggih.

Beberapa dari Anda masih dapat ditangguhkan, yang bagus ketika ada beberapa alternatif yang sangat kuat, tetapi semua orang dapat menghargai masa pakai baterai dari Oppo A9 2020, yang sensasional. Ini saja menjadikannya salah satu ponsel termurah yang saya gunakan dalam lima tahun terakhir.

Saya tidak ragu untuk merekomendasikan ponsel ini, meskipun ada banyak keluhan kecil yang perlu diperhatikan. Baca terus untuk mengetahui apakah Anda benar-benar bisa membuat Anda gelisah.

Oppo A9 2020 Design

Oppo A9 2020 adalah kerabat termuda dari  Oppo Reno 2Z . Keduanya memiliki layar besar dan punggung melengkung, tetapi ponsel ini memiliki penutup belakang plastik dan bukan kaca.

Ini adalah tren yang menyedihkan di sekitar harga ini. Beberapa tahun yang lalu, Anda memiliki beberapa opsi hebat bernilai sekitar £ 200. Tetapi saat ini, semakin banyak ponsel Huawei, Honor, dan Motorola menggunakan plastik untuk menurunkan biaya produksi dan menciptakan pemisahan yang lebih besar antara model murah dan menengah.

Saya telah menggunakan Oppo A9 2020 selama beberapa minggu sekarang, dan  Reno 2, yang  saya coba awal tahun ini, duduk di rumah di sofa saya. Dari waktu ke waktu saya mengambilnya, dan ini adalah pengingat bahwa A9 benar-benar tidak terlihat seperti ponsel berkualitas tinggi.

Plastik belakang tidak memiliki sentuhan dingin dan keras pada kaca, dan telepon itu sendiri tampaknya kurang padat sebagai hasilnya. Namun, jika bukan kebetulan bahwa Oppo A9 2020 dibandingkan dengan saudara kembarnya, ini bukan masalah utama.

Ponsel ini terlihat bagus, dengan hasil akhir reflektif biru dan ungu dan skala yang akan Anda asosiasikan dengan ponsel kelas atas. Punggungnya telah mendapatkan beberapa torehan, sehingga Anda dapat menggunakan kasing. Oppo termasuk satu, tapi itu tidak bagus. Dia berupaya dengan bagian pelindung, tetapi membuat tombol samping berpori.

Untuk membersihkan beberapa dasar pemasangan Oppo A9 2020: ponsel ini tidak tahan air, dan meskipun sebagian besar plastik, tombol sampingnya metalik dan memiliki klik yang bagus. Ini mungkin terdengar seperti titik kecil, tetapi membantu membuatnya lebih murah daripada beberapa ponsel plastik kelas bawah.

Oppo juga cocok untuk melindungi layar di pabrik. Tidak ada gelembung, dan tidak ada tanda-tanda pemisahan di sisi, setelah beberapa minggu.

Ingatlah ukuran Oppo A9 2020. Ini ponsel yang cukup besar. Layar besar membutuhkan jejak kaki yang lebih besar dan relatif tebal, karena Oppo lebih memilih usia baterai lebih dari ketebalan minimum.

Saya tidak punya masalah dengan ukurannya, tetapi jangan membelinya jika Anda menggunakan dan tidak suka telepon besar. Oppo telah menambahkan fungsi “satu tangan”, yang memungkinkan Anda untuk mengunduh aplikasi favorit Anda dari sisi layar dengan ibu jari Anda. Tapi saya merasa tidak nyaman, dan tidak terlalu berguna.

Aksesori perangkat keras Oppo A9 2020 dapat diandalkan. Ini memiliki pemindai sidik jari belakang cepat, bukan yang layar, seperti telepon Reno dan speaker stereo. Mereka lebih baik daripada yang saya harapkan, dengan volume yang baik, proyeksi stereo yang layak dan nada yang tahan sempurna bahkan pada volume maksimum.

Saya menggunakan  Pixel 4XL  sebelum ponsel ini, dan ketika beralih “liga” seperti ini, kualitas suara biasanya turun banyak. Namun, Oppo A9 2020 berkinerja sangat baik, tetapi, seperti yang diharapkan, memiliki bass yang lebih rendah dan saturasi rata-rata daripada beberapa ponsel yang lebih mahal.

Layar Oppo A9 2020

Layar adalah bagian paling sulit dari Oppo A9 2020. Ini adalah bagian yang tampaknya gagal pada ponsel, dengan resolusi yang relatif rendah 1600 x 720 piksel pada layar 6,5 inci yang sangat besar.

Kita semua lebih suka layar 1080p di sini, sama seperti banyak orang lebih suka kaca belakang. Tapi saya benar-benar terkejut melihat betapa kecilnya gambar itu dikompromikan, terutama ketika seseorang secara teratur mengeluh tentang ponsel layar besar 720p setengah abad yang lalu.

Panel-panel ini tampaknya telah mencapai titik di mana Anda benar-benar tidak dapat melihat struktur piksel, meskipun kerapatan pikselnya relatif rendah. Salah satu tanda paling tidak menyenangkan dari pixel rendah per inci adalah grid hitam yang sangat tipis, kesenjangan antara cluster sub-pixel.

Oppo A9 2020 tidak, dan penskalaan font dan objek lain di layar Google seperti ini secara radikal lebih baik dari sebelumnya. Sebagai teknisi profesional, saya tidak suka layar ini. Tapi saya tidak

Namun, kualitas penskalaan teks tergantung pada aplikasi. Di antarmuka ColorOS dan Chrome, ini luar biasa. Twitter tidak begitu kuat dan membuat kerapatan piksel lebih rendah lebih jelas.

Ukurannya yang besar juga bagus untuk streaming video, terutama ketika Anda menganggap bahwa sebagian besar ponsel Android menyiarkan Netflix dalam hal apa pun hanya dengan resolusi 720p (dan beberapa terbatas pada 540p).

YouTube mengungkapkan batasannya dengan lebih baik. Oppo A9 2020 tidak mendukung HDR dan, tentu saja, tidak dapat memutar video dengan resolusi lebih tinggi dari 720p. Motorola Moto G8 Plus dapat melakukannya dengan sedikit lebih banyak uang, seperti Xiaomi Redmi Note 7. yang sedikit lebih murah. Ini adalah ponsel dengan nilai yang sangat baik sehingga hampir tidak adil bagi para pesaingnya.

Saya akan memberikan rendering warna Oppo A9 2020 dengan peringkat “B” yang solid. Ada sedikit saturasi khas layar LCD anggaran, dan suhu warna segar dari kotak itu terlalu dingin. Anda dapat mengubah suhu di pengaturan, tetapi tidak saturasi. Saya berasumsi bahwa mode default sudah menggunakan kemampuan panel.

Ada juga alur di layar, dengan garis yang kurang tajam daripada Moto G8 Plus atau Xiaomi Remi Note 7. Tidak ada cara untuk menguncinya, mungkin karena bilah notifikasi sebenarnya turun beberapa piksel di bawah alur itu sendiri. Atau, jika Anda tetap menggunakan pendekatan Occam Razor, ponsel yang lebih murah cenderung memiliki lebih sedikit pengaturan, seperti ini, dan mode warna yang dapat disesuaikan.

Perangkat Lunak Oppo A9 2020

Oppo A9 2020 menjalankan Android 9 dengan antarmuka ColorOS 6.1. Ikon persegi adalah hal pertama yang saya perhatikan ketika saya mulai menggunakan telepon Oppo dengan Oppo Reno 2 dan Reno 2Z secara teratur lagi.

Saya bukan penggemar, dan pada awalnya saya merasa itu terlihat sulit. Anda dapat mengubah ini di luar UE juga, karena versi beberapa negara lain memiliki aplikasi Toko Tema. Di Inggris, Anda hanya mendapatkan lima tema standar yang hampir tidak mengubah apa pun, kecuali untuk wallpaper dan tampilan beberapa ikon aplikasi dasar.

Namun, selama beberapa minggu saya benar-benar bahagia hidup dengan ColorOS. Anda dapat memilih jumlah baris dan kolom ikon di aplikasi dan di halaman rumah, yang sesuai untuk ponsel layar besar. Dan kotak aplikasi itu sendiri adalah opsional.

Ini juga memiliki fungsi satu tangan yang disebutkan sebelumnya, tetapi saya tidak merasa itu sangat berguna. Oppo A9 2020 juga menambahkan layar beranda, Smart Assistant. Ini adalah halaman panel seperti widget dengan informasi cuaca, kalender, dan panel shortcut aplikasi. Saya menemukan itu berguna hanya untuk dengan cepat memeriksa jumlah langkah per hari, tetapi kemudian saya tidak menemukan saluran home screen yang diinginkan. Anda dapat menonaktifkan Smart Assistant jika Anda mau.

Saya tidak ingat menabrak kesalahan ColorOS yang terkait pada saat itu dengan Oppo A9 2020. Ponsel ini tidak memiliki perangkat lunak terbaik di Android Universe, tetapi untuk sekarang saya akan memilih ColorOS lebih banyak di  LG G8x ThinQ “dengan UI.

Kinerja Oppo A9 2020

Oppo A9 2020 memiliki prosesor Snapdragon 6655. Ia memiliki delapan core. Empat core Kryo 260 Gold sebanding dengan core Cortex-A73. Empat lainnya adalah Kryo 260 Silvers, mirip dengan Cortex-A53.

Ini adalah prosesor yang sama yang digunakan di Moto G8 Plus. Pesaing Xiaomi Redmi Note 7 memiliki Snapdragon 660 yang lebih lama, tetapi ini bukan pembaruan grosir yang ditawarkan oleh nomor model.

Snapdragon 660 memiliki dukungan pengisian cepat standar yang lebih baik (QuickCharge 4.0 vs 3.0), dan dalam beberapa pengujian chipset grafis Adreno 512-nya tampaknya mengungguli Adreno 610 di Oppo A9 2020. Ada sedikit yang memisahkannya dalam hal apa yang akan mempengaruhi Anda. dalam kehidupan sehari-hari. -hari Dan ini adalah kemenangan untuk Redmi Note 7 yang lebih murah.

Game bekerja persis seperti yang saya harapkan dari ponsel kelas ini. Oppo A9 2020 dapat memainkan apa saja, dan mendukung Vulkan API, yang diperlukan untuk beberapa game kelas atas. Namun, Anda perlu sedikit memangkas grafik untuk melihat hasil yang halus.

ARK: Survival Evolved terlalu mudah berubah pada grafik Epic dengan resolusi slider resolusi maksimum. Saya akan terkejut jika itu tidak terjadi. Jika Anda ingin kinerja maksimum dalam permainan, cari salah satu ponsel yang tersedia dengan prosesor seri Snapdragon 8, misalnya,  Xiaomi Mi 9T Pro  atau Pocofone F1 yang lebih lama, lagi-lagi dari Xiaomi.

Ini mengatakan banyak tentang strategi Xiaomi. Ekspansi ke Barat didukung oleh ponsel berkinerja tinggi dan berbiaya rendah. Pendekatan Oppo lebih terukur.

Oppo A9 2020 Camera

Kami mengatakan apa yang diukur? Ini tidak berlaku untuk kamera. Oppo A9 2020 memiliki empat kamera belakang. Dua di antaranya berguna, dua tampaknya hampir sama sekali tidak berguna, berdasarkan pengujian saya. Cukup sulit untuk bahkan melacak apa yang tampaknya Oppo pikir sedang dilakukan oleh dua lainnya.

Kamera tambahan ini memiliki sensor 2 megapiksel dan memiliki latar belakang potret buram dan foto hitam putih.

Masalah utama saya adalah bahwa Anda dapat menggunakan mode hitam putih dan mode potret dengan dua kamera 2 megapiksel, tanpa penurunan kualitas gambar yang jelas atau menyorot objek dalam potret. Paling-paling, kamera tambahan ini dapat sedikit mempercepat mode ini, tetapi peran utama mereka adalah untuk secara signifikan memperluas daftar fitur dan membuat Oppo A9 2020 lebih maju dari yang sebenarnya.

Saya memiliki masalah yang sama dengan mode potret seperti di Reno 2. Algoritma pemotongannya sangat baik, lebih baik daripada iPhone 11 atau  Pixel 4 , tetapi sangat menuntut jarak antara ponsel dan subjek Anda. Blur hanya tidak menendang sebagian besar waktu.

Sangat memalukan bahwa rezim ini seharusnya melihat sedikit manfaat.

Mode B / W juga turun. Ini hanyalah salah satu filter dalam aplikasi yang diabaikan kebanyakan orang, lebih suka menambahkan pemrosesan seperti itu ketika mengunggah ke Instagram.

Ini bukan jajaran kamera quad yang bagus. Tetapi jumlah kamera di ponsel telah menjadi cara baru yang membuat ponsel saling bersaing, seringkali tanpa banyak dukungan dalam hal itu.

Untungnya, ada dua fitur di dua kamera utama Oppo A9 2020. Salah satunya menawarkan tampilan standar dan dilaporkan menggunakan sensor GM1 48-megapiksel Samsung. Ini mungkin lebih murah daripada Sony IMX586 yang lebih populer, tetapi masih memiliki kredensial yang kuat, termasuk ukuran sensor 1/2 inci dan distribusi piksel biasa untuk membuat piksel sensor “virtual” berukuran 1,6 mikron.

Kamera Oppo A9 2020 kedua memiliki kamera 8-megapiksel ultra-lebar.

Mari kita mulai dengan bagian yang baik. Pilihan dua bidang pandang selalu diterima, dan ini membuat fotografi jalanan lebih menyenangkan. Anda juga dapat memperbesar gambar menjadi 2x dan 5x, tetapi karena tidak ada zoom nyata, Anda harus menggunakan hanya 2x. Gambar 5x terlihat mengerikan.

Detail gambar dari kamera utama sangat baik untuk ponsel seharga £ 200, shutter shutter-nya konstan dan tidak terlalu mengganggu (sekitar) 1/3 detik. Dan ketika menggunakan HDR Otomatis, yang termasuk sebagai standar, hampir semua foto Anda sangat ditingkatkan.

Jika foto Anda terlihat membosankan, Anda juga dapat mengaktifkan Dazzle Color. Ini memberikan efek efek seperti poppy yang ditawarkan oleh gelombang pertama “fotografi buatan”, dengan warna yang sepenuhnya dipromosikan, tetapi kadang-kadang zaman Inggris yang hebat membutuhkan tindakan drastis.

Yang paling mengesankan saya adalah mode malam Oppo A9 2020. Menggunakan metode yang sama seperti telepon modern kelas atas. Dibutuhkan beberapa detik dan beberapa eksposur untuk meningkatkan pemotretan malam.

Dibutuhkan tujuh detik, yang sekarang tampak sangat panjang, tetapi secara radikal meningkatkan detail dan kejelasan dalam adegan yang sangat redup. Apa yang tampak seperti bubur dalam mode otomatis cukup tajam dalam mode malam. Ini adalah salah satu lompatan terbesar dalam detail yang baru-baru ini saya lihat dalam mode ini.

Namun, gambar dalam mode malam pada Oppo A9 2020 tidak setinci dan sejelas  Pixel 3A atau  Huawei Mate 30 Pro , tetapi keduanya berada di kelas yang berbeda untuk harga.

Siap untuk kejutan? Bagian dari proses peninjauan melibatkan melihat semua foto yang saya ambil dengan ponsel saya dan mencari tahu mana yang harus saya sertakan atau analisis. Terlalu banyak foto yang saya ambil diambil dengan kamera lebar. Ini sebagian tentang komposisi. Tembakan lebar cenderung terlihat lebih tidak biasa, dan karenanya lebih menarik.

Namun, kamera lebar dari Oppo A9 2020 juga membuat gambar lebih hangat, dan, anehnya, mode HDR Otomatis menimbulkan bayangan lebih dari pada kamera utama.

Anda dapat menyesuaikan bagian-bagian ini saat mengedit, dan foto dari kamera utama akan lebih baik dipelajari. Sebagai contoh, bidikan lebar dalam kondisi sulit mungkin terlihat sedikit seperti susu di tempat teduh. Namun, tampaknya tidak biasa bahwa kamera sekunder Oppo A9 2020 mengambil gambar dengan pesona yang lebih cepat.

Kamera Oppo A9 2020 juga menolak untuk mengambil foto jika Anda menyentuh bagian lain dari layar. Ini bisa menjadi gangguan serius jika Anda memegang ponsel pada sudut yang canggung dan telapak tangan Anda akhirnya menyentuh bagiannya. Tombol rana hanya menolak.

Yang terbaik adalah menganggap Oppo A9 2020 sebagai ponsel dua kamera, karena dua lainnya sepertinya tidak menambahkan apa-apa. Namun, saya masih sangat senang dengan kinerja di sini. Ini adalah kamera yang luar biasa fleksibel.

Video mungkin kurang mengesankan. Anda dapat memotret dengan kecepatan hingga 4K, 30 frame per detik, tetapi stabilisasi elektronik hanya tersedia pada kecepatan hingga 1080p. Ini membuat gerakannya jauh lebih tidak goyah, dan perlu jika Anda merekam video saat melakukan sesuatu, tetapi jangan bergerak.

Kamera depan Oppo A9 2020 dilengkapi dengan sensor 16 megapiksel, yang juga bagus. Ini dapat menangkap banyak detail kecil dalam pencahayaan dalam ruangan. Dan jika ada terlalu banyak detail untuk selera Anda, Anda dapat menggunakan “dekorasi AI” Oppo. Ini menawarkan delapan slider yang memberi Anda operasi plastik virtual. Mereka juga bisa disebut botox, operasi hidung, penonjolan dagu, sedot lemak, dan sebagainya. Namun dalam cahaya rendah, kita semua bisa melakukan sedikit perataan wajah.

Masa pakai baterai Oppo A9 2020

Oppo A9 2020 memiliki daya tahan baterai yang luar biasa. Ini dengan mudah bagian favorit saya dari ponsel. Dan ada perbedaan nyata antara ponsel dengan baterai besar 4000 mAh dan yang satu ini, yang memiliki baterai 5.000 mAh.

Semua momen yang berhubungan dengan baterai yang membuat Anda berpikir tentang tingkat baterai sebelum meninggalkan rumah hilang. Selama beberapa hari saya memiliki lebih dari 50% tersisa pada tengah malam. Saya pergi tidur dengan lebih dari 60% pada beberapa kesempatan.

Saya tidak pernah harus mengisi ulang ponsel dengan cepat, bahkan pada masa-masa ketika saya terganggu dan akhirnya menonton YouTube di ponsel saya ketika saya benar-benar perlu bekerja.

Ini adalah salah satu ponsel paling tahan lama yang saya gunakan dalam beberapa tahun terakhir, dan dengan mudah menaungi semua 800-1000 pound yang saya coba belakangan ini. Ponsel papan atas harus memprioritaskan desain seperti yang tidak dilakukan Oppo. Perbedaannya hanya satu milimeter atau lebih tebal, tetapi Oppo A9 2020 menunjukkan apa yang bisa Anda dapatkan ketika Anda menjatuhkannya.

Ponsel tidak mengisi daya sangat cepat. Dibutuhkan tiga jam menggunakan pengisi daya standar.

Haruskah saya membeli Oppo A9 2020?

Oppo A9 2020 bukan ponsel yang paling mengesankan di atas kertas. Ini memiliki layar 720p dan biaya lebih dari Xiaomi Redmi Note 7, yang memiliki layar 1080p.

Hanya dua dari empat kamera belakangnya juga berguna, tetapi dua kamera solid seharga £ 220 tidak buruk.

Namun, ada kemungkinan besar bahwa Anda akan menyukai baterai Oppo A9 2020 . Dalam beberapa hari saya harus beralih ke telepon yang tidak akan bertahan lama.

Saat meninjau telepon, Anda jarang kehilangannya setelah mereka pergi. Tapi saya akan melewatkan Oppo A9 2020, terutama untuk daya tahan baterai dalam gaya ultra-maraton, serta untuk speaker solid dan layar besar, yang lumayan bagus.

keputusan pengadilan

Oppo A9 2020 bukan ponsel yang paling mengesankan di atas kertas. Ini memiliki layar 720p dan biaya lebih dari Xiaomi Redmi Note 7, yang memiliki layar 1080p. Hanya dua dari empat kamera belakangnya juga berguna, tetapi dua kamera solid seharga £ 220 tidak buruk. Namun demikian, layarnya terlihat sangat baik, dan ada kemungkinan besar bahwa Anda akan menyukai masa pakai baterai Oppo A9 2020 – saya melakukannya.

Pro

  • Daya tahan baterai pembunuh
  • Layar besar
  • Bidang pandang kamera ganda

Cons

  • Resolusi layar rendah
  • Kaca melihat ke belakang
  • Dua dari empat kamera belakang tidak banyak membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *